Peta konsep Organ Manusia

Tugas Kelompok bagian peta konsep Organ Manusia.

Sudirman, C-2 1510631070162

Peta konsep adalah bertujuan untuk memudahkan pendidik ataw peserta didik untuk memudahkan memahami, materi pelajaran yang di pelajari nya, seperti peta konsep ini yang akan membahas tentang sistem organ tubuh manusia.

   - PETA KONSEP PADA BAGIAN ORGAN TUBUH MANUSIA.

▪Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh manusia
Sedangkan sistem adalah gabungan dari organ organ tubuh yg menjalankan  fungsi tertentu.
▪Macam-macam dan jenis sistem organ pada badan manusia

1.SISTEM EKSRESI
2.SISTEM PERNAFASAN
3.SISTEM PENCERNAAN
4.SISTEM PEREDARAN/TRANSPORTASI
5.SISTEM PRODUKSI
6.SISTEM OTOT
7.SISTEM SARAF
8.SISTEM INDOKIRIN
9.SISTEM RANGKA

1, SISTEM EKSKRESI
    Sistem ekskresi berfungsi untuk memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak di pedulikan untuk keluar tubuh, sehingga sel-sel tubuh dapat menjaga keseimbangan terhadap lingkungan, terdiri atas ginjal, paru-paru (karbon dioksida), hati (racun) dan kulit (keringat).

2. SISTEM PERNAFASAN
    Sistem pernafasan adalah, sistem yang memiliki fungsi untuk mengambil oksigen, menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida keluar tubuh terdiri dari hidung, faring laring, trakea, bronki, dan paru-paru.

3. SISTEM PENCERNAAN     
     Sistem pencernaanadalah sistem yang berfungsi untuk melakukan proses makanan sehingga dapat di serap dan di gunakan oleh sel-sel tubuh secara fisika maupun secara kimia terdiri dari mulut,kerongkongan, lambung, ratkum, hati dan pankreas.

4.SISTEM PEREDARAN/TRANSPORTASI
     Simtem peredaran atau transportasi adalah sistem yang memiliki fungsi atau tubuh dari penyakit, menebar sari makanan, oksigen keseluruh tubuh beserta mengangkat zat-zat sisa keluar tubuh terdiri dari jantung pembuluh vena pembuluh kapiler pembuluh getah bening (imfalik) dan kelenjar umfe.

5. SISTEM PRODUKSI
     Sistem produksi adalah sistem yang berfungsi untuk berkembang biak terdiri dari tertis, ovarium, dan bagian alat kelamin lain nya.

6. SISTEM OTOT
     Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fungsi seperti untuk alat gerak menyimpan glikogen dan menentukan fostur tubuh terdiri atas, otot polos, otot jantung, otot rangka.

7. SISTEM SYARAF
    Sistem syaraf adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menerima dan merespon rangsangan terdiri dari, otak syaraf tulang belakang, simpul-simpul syaraf dan serabut syaraf.

8. SISTEM ENDOKIRIN
   Sistem endokirin adalah sistem yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur aktifitas tubuh terdiri atas kelenjar troid, kelenjar hipofisa, putuitari,kelenjar pankres kelamin, suprarenal, paratiroid, dan buntu.

9.SISTEM RANGKA
     Sistem rangka adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan bahan mineral tempat pembentukan sel darah tempat melekat nya otot rangka, melindungi tubuh yang lunak dan menujang tubuh, terdiri dari tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopena tulang bahu, tulang pinggul, tulang anggota badan atas dan bawah.